DINAS PENDIDIKANBerita / Berita Terkini
Pemeriksaan IVA dan Pap Smear Dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional 2016
Oleh Urai Umpeg Rabu, 23 Nopember 2016 14:20:27
Diberitahukan Kepada seluruh guru, bahwa dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2016 akan diadakan Pemeriksaan IVA dan Pap Smear

Diberitahukan Kepada seluruh guru, bahwa dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2016  dan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (terlampir) akan diadakan Pemeriksaan IVA dan Pap Smear. Kegiatan bertujuan untuk memberikan bentuk palayanan berupa deteksi dini kanker serviks, mencegah atau mendeteksi dini kanker serviks supaya penyakit tersebut tidak berkembang semakin parah dengan demikian dapat meningkatkan kesehatan guru dan istri guru dan menurunnya angka kejadian kanker serviks.

Kegiatan Peduli Kesehatan Kanker Serviks akan dilaksanakan secara serempak diseluruh Indonesia tanggal 24 November 2016. Di Kota Padang  akan dilaksanakan di Puskesmas Lubuk Buaya  Kec. Koto Tangah dan Puskesmas Andalas Kec. Padang Timur. Diharapkan kehadiran seluruh guru perempuan dan Istri Guru dari sekolah - sekolah  disekitar 2 (dua) Puskesmas tersebut, pada jam pelayanan jam 8.00 - 12.00 WIB.

Adapun persyaratan yang harus dilakukan menjelang pemeriksaan IVA dan Pap Smear adalah

1. Tidak Boleh berhubungan suami istri 3 (tiga) hari sebelum pemeriksaan

2. Tidak dalam kondisi hamil

3. Tidak Menstruasi

4. Telah menikah

5. Jangan lupa bawa foto copy kartu BPJS-nya

Kegiatan Pemeriksaan IVA dan Pap Smear akan dilaksanakan tanggal 24 November - 2 Desember 2016 di seluruh Puskesmas Induk yang ada di Kecamatan. Guru- Guru dan Istri guru boleh datang pada saat jam pelayanan 8.00 - 12.00 WIB di Puskesmas terdekat dari sekolah secara bergantian.

Khusus tanggal 26 November 2016, setelah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016 dilapangan Imam Bonjol akan diadakan Sosialisasi Kanker Serviks bagi seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP sekaligus pemeriksaan IVA dan Pap Smear di Lobi Dinas Pendidikan Kota Padang. Agar semua dapat terlayani oleh tenaga medis, khusus tanggal 26 November pemeriksaannya hanya ditujukan untuk Pegawai di Dinas Pendidikan dan guru-guru SD disekitar Alang Laweh Padang.

DINAS PENDIDIKAN : http://disdik.padang.go.id
Online version: http://disdik.padang.go.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=12&artid=1585