DINAS PENDIDIKANBerita / Berita Terkini
SMKN 4 Padang Berhasil Dapatkan Sertifikat ISO 9001:2000
Oleh arif Kamis, 27 Nopember 2008 05:41:54
Alhamdulillah, mimpi itu akhirnya terkabulkan, sekaligus menjawab anggapan beberapa pihak yang menilai kita tidak mampu untuk ISO, kata Indriyedi Bakri, S.Pd, MT Wakil Manajemen Mutu (WMM) SMKN 4.

Indriyedi: Mimpi itu akhirnya terkabul
 
Badan sertifikasi SAI Global, akhirnya memutuskan SMKN 4 Padang berhak mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 Sistim Manajemen Mutu (SMM). Hal, itu terkuak saat clossing Meeting yang dilakukan SAI Global usai melakukan Audit Ekternal selama dua hari di sekolah senirupa tersebut, Senin-Selasa (24-25/11). Bahkan untuk memperkuat keputusan tersebut SAI Global, esoknya usai Audit Eksternal langsung mengirimkan surat keputusan resmi lewat Fax ke SMKN 4 sebagai tanda buktik.

Keputusan badan sertifikasi asal Australia tersebut, menjadi kebahagian bagi warga SMKN 4, pasalnya usaha yang dirintis beberapa bulan lalu sejak, 2 Januari 2008 berbuah keberhasilan. Dapatnya sertifikat tersebut, sekaligus mematahkan, ucapan beberapa pihak yang menilai SMKN 4 Padang tidak akan mampu mendapatkan sertifikat itu.

"Alhamdulillah, mimpi itu akhirnya terkabulkan, sekaligus menjawab anggapan beberapa pihak yang menilai kita tidak mampu untuk ISO," kata Indriyedi Bakri, S.Pd, MT Wakil Manajemen Mutu (WMM) SMKN 4.

Dulu cerita Indriyedi, banyak pihak yang  menilai bahkan cendrung mematahkan kita tidak akan pernah bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Alasannya masih, sengkarutnya manajemen sekolah, ditambah kita sekolah seni yang sangat indentik sekali dengan kebebasan, dan bagaimana mungkin mereka (siswa dan guru seni) bisa diatur dengan sebuah manajmen dengan tolak ukur internasional.  "Saat ini apa yang terjadi, anggapan negatif tersebut berhasil kita jawab dengan sebuah kesuksesan,"tutur alumnus ITB ini.

SAI Global yang menurunkan dua orang auditor Shaleh Mulashela (Leader Auditor) Ahmad Fauzi Nasution, berkerja selama dua hari untuk menetukan bagus tidaknya keteraturan manajemen di SMKN 4. Bahkan mereka tertarik dengan keunikan SMKN 4 sebagai sekolah seni dan mampu berkerja sesuai sistem yang dibuat. Padahal sebelumnya mereka juga berfikir sekolah seni itu bebas, ternyata tidak.

"Betul, SMKN 4 Padang sudah lulus audit ekternal, sertifikat ISO sudah berhak mereka miliki. Kami meminta agar SMKN 4, kosisten dengan apa yang sudah diperbuatnya, tingkatkan dan pertahanan, jangan sesudah ini pelayanan menjadi menurun tapi harus meningkat, karena kita akan terus pantau," tutur Leader Auditor (***)

 

DINAS PENDIDIKAN : http://disdik.padang.go.id
Online version: http://disdik.padang.go.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=12&artid=684