DINAS PENDIDIKANBerita / Info Sertifikasi Guru
Sumbar Dapat Kuota Sertifikasi 8.066 Guru
Oleh efim Senin, 26 Desember 2011 17:33:55
Padang (ANTARA) - Panitia Pelaksana Sertifikasi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Induk Universitas Negeri Padang (UNP) menyebutkan, Sumatera Barat mendapat kuota sertifkasi untuk 8.066 orang guru pada 2012.

Padang (ANTARA) - Panitia Pelaksana Sertifikasi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Induk Universitas Negeri Padang (UNP) menyebutkan, Sumatera Barat mendapat kuota sertifkasi untuk 8.066 orang guru pada 2012.

"Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberi kuota pertama untuk seritifikasi guru di Sumbar tahun 2012 sebanyak 8.066 guru," kata Ketua Panitia Pelaksana Sertifikasi LPTK Induk UNP Jamaris Jamna di Padang, Senin.

Ia mengatakan, kuota tersebut berkemungkinan masih dapat bertambah pada saat mendekati akhir tahun 2012, namun tergantung capaian penuntasan sertifikasi pada kuota pertama.

Dari pengalaman proses sertifikasi selama 2011, LPTK Induk UNP memperoleh tambahan kuota sertifikasi sebanyak 630 guru setelah kuota pertama tuntas.

 

Namun demikian ia mengakui data guru untuk kuota sertifikasi pada 2012 itu belum valid, karena untuk dapat mengikuti proses sertifikasi para guru terlebih dahulu harus mengikuti uji kompetensi.

"Prosedur sertifikasi guru pada 2012 berbeda dengan 2011, dimana penggunaan porto folio tidak berlaku lagi. Guru diwajibkan mengikuti uji kompetensi atau disebut dengan ujian pra sertifikasi untuk dapat mengikuti proses sertifikasi," katanya.

Sedangkan metoda uji kompetensi itu dilakukan secara online. Guru akan ditempatkan dalam suatu ruangan khusus untuk menjawab soal-soal yang tersedia secara online.

Ia menyebutkan, pihaknya membuka peluang bagi 12 ribu guru di Sumbar untuk mengikuti proses uji kompetensi itu.

Proses tersebut, lanjut dia, merupakan bagian dari penyaringan, sehingga bagi 8.066 guru yang lulus akan memperoleh jatah sertifikasi pada 2012.

"Bagi guru yang lulus uji kompetensi namun kuota telah penuh akan dialokasikan ke kuota tambahan," katanya.

Jamaris mengatakan, proses pra sertifikasi dijadwalkan digelar pada Januari 2012 dan diperkirakan pada Maret telah diketahui hasilnya.

"Setelah hasil uji kompetensi diperoleh, kita memperkirakan proses sertifikasi dapat berlangsung pada April 2012," katanya.
 
DINAS PENDIDIKAN : http://diknas-padang.org
Online version: http://diknas-padang.org/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=32&artid=958