DINAS PENDIDIKANBerita / Berita Terkini
SMAN 6 PADANG LAUNCING BANK SAMPAH
Oleh efim Selasa, 13 Maret 2012 11:41:28
Sampah anorganik yang tidak bisa didaur ulang dan jumlahnya sangat banyak, sebagai solusinya, SMA 6 Padang mendirikan bank Sampah,Rabu,7 Maret yang lalu, yang diberi nama Bank Sampah “SARASAH”,

Ketika kita membuang sampah sembarangan, berarti kita sudah membuat sengsara, menyiksa orang lain karena tidak adanya rasa kepedulian kita terhadap kebersihan di sekitar lingkungan , karena telah mencemari lingkungan yang seharusnya di jaga dengan baik agar tetap bersih dan nyaman dipandang mata.

SMAN 6 Padang, merupakan sekolah yang sangat peduli sekali terhadap lingkungan, terutama masalah sampah. Sampah organik, diolah oleh siswa menjadi kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk, sedangkan sampah anorganik didaur ulang, sehingga menjadi nilai ekonomi  seperti taplak meja, vas bunga dan kerajinan lainnya sehingga menimbulkan semangat wirausaha.

Sampah anorganik yang tidak bisa didaur ulang dan jumlahnya sangat banyak, sebagai solusinya, SMA 6 Padang mendirikan bank Sampah,Rabu,7 Maret yang lalu, yang diberi nama Bank Sampah “SARASAH”,Dalam kata sambutannya, Kepsek SMA 6, Drs,Barlius,MM, mengharapkan dengan adanya bank sampah siswa diajak tidak hanya hidup bersih dan sehat tapi juga menerapkan jiwa entrepreneurship kepada masing-masing siswa. Di sini dukungan guru dan wali kelas sangat diharapkan untuk bisa membimbing siswanya.

Sistem Bank Sampah ini sendiri hampir sama dengan bank tempat menyimpan uang. Perbedaannya hanya pada penyimpanan dan pencairan  uangnya saja. Sampah - sampah yang disetorkan pada Bank Sampah nantinya akan dipilah sesuai jenisnya dan ditimbang baru kemudian ditentukan harganya," terangnya.

Peresmian Bank Sampah"Sarasah" ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Kabid PK2L Bapaldada Kota Padang T. Masfetrin,Spt, Msi, didampingi oleh Emrizal, SH serta dihadiri oleh Kepsek, guru, karyawan dan siswa SMA 6 Padang.

Dengan diresmikan bank sampah di SMA 6 Padang, diharapkan terciptanya sekolah  bersih, sehat dan nyaman yang merupakan faktor utama mendorong kemajuan dalam bidang akademik.

Sumber:
DINAS PENDIDIKAN : http://disdik.padang.go.id
Online version: http://disdik.padang.go.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=12&artid=972