Ujian Paket C Dipermudah

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh arif
Rabu, 18 Juni 2008 14:11:21 Klik: 4750

Pemerintah daerah diharapkan bisa membantu kelancaran proses pendaftaran peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan atau UNPK. Khusus untuk siswa SMK yang hendak ikut UNPK Paket C, pemerintah daerah tidak perlu ragu untuk mengizinkan mereka ikut ujian kesetaraan tahun ini.

Suharsono, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan bidang UNPK, di Jakarta, Selasa (17/6), mengatakan, pendaftaran UNPK terbuka untuk tiga kategori peserta yang memenuhi syarat seperti tertulis dalam prosedur operasional standar UNPK 2008. Mereka yang berhak ikut UNPK Paket A, B, dan C atau setara SD, SMP, dan SMA adalah peserta reguler, yakni peserta yang mengikuti pendidikan kesetaraan di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), sanggar kegiatan belajar (SKB), atau pondok pesantren salafiyah. Bisa juga peserta yang belajar mandiri, seperti homeschooling atau sekolah rumah, dan peserta dari sekolah formal yang pindah jalur ke pendidikan nonformal.

”Memang untuk siswa SMK belum terakomodasi secara khusus di UNPK ini. Sebab, ujian Paket C itu setara SMA atau sekolah umum, bukan kejuruan. Namun, sesuai ketentuan yang ada, UNPK ini terbuka untuk siswa SMK,” tutur Suharsono.

Suharsono menyarankan, bagi siswa SMK yang ingin pindah jalur ke UNPK Paket C jurusan IPA dan IPS sebaiknya tidak ikut pada Juni ini. ”Sebaiknya ikut yang November. Jadi, mereka ada kesempatan untuk belajar di PKBM atau SKB untuk beberapa mata pelajaran yang tidak didapat selama di SMK,” katanya.

Ella Yulaelawati, Direktur Pendidikan Kesetaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Depdiknas, mengatakan, dalam pelaksanaan UNPK memang tidak disediakan soal dalam huruf braille. Namun, peserta tunanetra tetap bisa ikut. Mereka bisa dibantu pendamping yang membacakan soal dan menuliskan jawaban.

Sumber: Kompas.com, edisi Rabu 18 Juni 2008 (ELN/A10/A11)
 
Berita Info UN 2008 Lainnya