>

Horeee...BOS SD dan SMP Naik Tahun 2009

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh wirnadianhar
Kamis, 11 September 2008 04:44:40 Klik: 2745
Horeee...BOS SD dan SMP Naik Tahun 2009
Klik untuk melihat foto lainnya...

Pemerintah menganggarkan kenaikan besaran bantuan operasional sekolah atau BOS bagi siswa SD dan SMP pada 2009. Peningkatan BOS ini untuk mewujudkan wajib belajar sembilan tahun gratis dan bermutu sehingga masyarakat tidak lagi dibebani berbagai pungutan yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran.

Menteri Nasional Pendidikan Nasional, Bambang Sudibyo, di Jakarta, Rabu (10/9), mengatakan kenaikan anggaran BOS untuk SD sebesar Rp 300.000 per siswa per tahun dari sebelumnya Rp 254.000. Adapun BOS SMP diajukan sebesar Rp 420.000 per siswa per tahun dari sebelumnya Rp 354.000.

Alokasi BOS ke setiap sekolah disesuaikan dengan jumlah siswa dan dicairkan per triwulan. BOS SD disalurkan kepada sekitar 30 juta siswa dan BOS SMP kepada sekitar 11,8 juta siswa.

Ferdiansyah, anggota Komisi X dari Fraksi Golkar, mengatakan pada dasarnya DPR mendukung kenaikan anggaran BOS SD dan SMP untuk meningkatkan akses dan mutu wajib belajar (wajar) sembilan tahun. "Besaran BOS yang diajukan pemerintah itu nanti dikaji lagi bersama DPR. Bisa saja nanti nilainya lebih besar dari yang sekarang direncanakan pemerintah," kata Ferdiansyah.

Wayan Koster, anggota Komisi X Fraksi PDI-P, menilai kenaikan anggaran BOS SD dan SMP cukup membantu sekolah meskipun peningkatannya tidak signifikan. Kenaikan BOS yang diajukan Mendiknas dinilai hanya menyesuaikan inflasi.  

"Karena itu, besaran yang lebih tepat akan dievaluasi lagi. Tapi pada prinsipnya sudah ada arah kebijakan bahwa wajib belajar sembilan tahun ditanggung negara," jelas Wayan.

 Sumber : Kompas edisi Kamis / 11 September 2008

 
Berita B O S Lainnya