>

Selama Ujian Nasional (UN) Tak Ada Pemadaman Listrik

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh arif
Kamis, 24 April 2008 13:44:15 Klik: 1927
PT PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Sumatera dan PT PLN (Persero) Wilayah Sumbar menjamin pasokan listrik di wilayah sistem Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), akan tetap stabil dan aman. Artinya, tidak akan ada pemadaman listrik selama berlangsungnya Ujian Nasional (UN) 2008,

“Curah hujan juga membantu kondisi elevasi air danau tetap normal di atas batas operasional PLTA. Masyarakat tidak perlu khawatir terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan UN berlangsung. Insya Allah tidak akan ada pemadaman listrik,” kata Manager Bidang Operasi Sistem PLN P3B Sumatera, Sudibyo.

Sudibyo menjelaskan tidak adanya defisit pada bulan April itu selain karena Sumbar mendapat suplai sebesar 200 MW dari sistem Interkoneksi Sumbagsel, juga karena adanya cadangan daya (yang belum berada pada level aman) dari PLTG Pauh Limo dan pembangkit berbahan bakar minyak seperti PLTD, yang sengaja tidak dioperasionalkan sejak beberapa waktu terakhir. Kendati pasokan listrik untuk Sumbar terbilang aman, namun kondisi jaringan transmisi dan distribusi PLN dihadapkan pada gangguan alam, seperti gempa bumi, longsor dan lainnya.

“Bila terjadi bencana alam yang tidak bisa kita prediksikan itu, tentu saja kondisi aman tadi akan berubah menjadi tidak aman. Oleh karena itu, untuk menjaga agar kehandalan pasokan listrik itu sampai ke rumah konsumen, kita telah berkoordinasi dengan Unit Pengatur Beban (UPB) untuk memantau kondisi jaringan transmisi dan distribusi PLN di lapangan. Mudah-mudahan selama UN ini berlangsung, tidak ada bencana alam yang dapat mengganggu kehandalan pasokan listrik yang dapat berakhir pada pemadaman,” imbuh Sudibyo.

Sumber: POSMETRO PADANG/ Kamis, 24 April 2008/(bim)
 
Berita Info UN 2008 Lainnya