Kata Nur Amin Soal Ujian Nasional

Oleh arif
Sabtu, 14 Juni 2008 00:14:35 Klik: 3015 Cetak: 652 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

Hari ini hasil ujian nasional (UN) diumumkan di seluruh Indonesia, termasuk di kota Padang. Ujian yang digandrungi paling ditakuti siswa tersebut, Sabtu, 14 Juni 2008 hasilnya diserahkan ke tangan siswa peserta ujian. Nah bagaimana tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Drs. H.M. Nur Amin, M.Pd tentang hasil ujian tersebut. Berikut hasil wawancara khusus administrator (admin) situs Dinas pendidikan Kota Padang?

Bagaimana tanggapan bapak tentang hasil ujian nasional yang baru saja  diumumkan ?

Saya merasa puas dengan hasil yang diterima. Kepuasan saya karena seluruh peserta ujian nasional sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membahas soal yang diujikan. Ujian sekarang memang berat, dengan ditambahnya mata uji, SMA menjadi 6 dan SMK menjadi 4. Termasuk yang mengalami pertambahan nilai rata-rata ujian tersebut. Saya sangat menghargai sekali usaha para peserta ujian untuk lulus dengan hasil yang baik.

Seterusnya saya juga merasa sangat puas dengan usaha yang dilakukan pihak sekolah, yang terus berjuang agar siswanya bisa lulus seluruhnya. Mulai dari penambahan jam pelajaran, mendatangkan guru tamu hingga melakukan remedial dan try out. Kita juga harus sadar dan paham setiap perjuangan pasti ada yang menemukan kesuksesan dan kegagalan.

Dibandingkan tahun lalu dengan yang sekarang apakah ada peningkatan jumlah kelulusan UN di kota Padang?

Tidak. Presentasi kelulusan tahun lalu lebih tinggi dari yang sekarang. Tapi yang perlu kita pahami, UN tahun sekarang tingkat kesulitan ujian lebih tinggi dari tahun lalu. Tahun sekarang jumlah mata uji UN untuk SMA 6 mata pelajaran dan SMK 4 mata pelajaran, tahun lalu tidak yang diujikan hanya 3 mata pelajaran.

Disamping itu, jumlah peserta yang mengikuti ujian nasional sekarang meningkat dari tahun lalu. Tahun lalu, yang mengikuti UN untuk jurusan SMA jurusan IPA 3852 dengan presentasi kelulusan 98,70. Tahun sekarang jumlah yang mengikuti ujian SMA jurusan IPA 4202 dengan presentasi kelulusan 97,17. Untuk SMA jurusan IPS tahun lalu yang ikut UN 4631 dengan presentase kelulusan 94,77. Sekarang SMA jurusan IPS pesertanya ujian 3831 dengan presentasi kelulusan 89,34 persen. Untuk SMK yang ikut UN tahun lalu 3781. Tahun sekarang SMK yang ikut UN 3842 kelulusan 83,52 persen.

Adakah prestasi perseorangan yang diperoleh kota Padang?

Ada. Hasil UN tahun ini untuk SMA jurusan IPA peringkat nilai tertinggi dari nomor 1, 2, 3 dan 4 diraih oleh siswa kita dari SMAN 10 Padang. Untuk SMA jurusan IPS peringkat nilai tertinggi diraih oleh siswa kita dari SMAN 1 Padang. Kita sangat bersyukur sekali dengan prestasi yang diperoleh.

Apakah ada wewenang sekolah untuk menetapkan hasil kelulusan?

Ada. Untuk hasil ujian nasional sudah ditetapkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BSNP) jadi tidak bisa dirubah. Namun, untuk ujian sekolah (USEK) kelulusannya ditentukan dalam rapat majelis guru. Kesimpulannya, kelulusan UN ditentukan dalam rapat majelis guru di masing-masing sekolah. Pertimbangan siswa itu dinyatakan lulus atau tidak juga ditentukan oleh sikap dan tingkahlaku siswa di sekolah, prestasi yang pernah diperolah, nilai semester dan keunggulan skill yang dimiliki jika pelajar itu SMK.

Terus bagaimana dengan siswa yang tidak lulus?

Kita harus mengakui kegagalan adalah keberhasilan yang tertuda bukan karena kebodohan. Siswa yang tidak lulus bisa mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) atau paket C yang pada 24 sampai dengan 26 Juni 2008 mendatang dengan mata ujinya sama dengan mata uji UN begitu pula dengan pengawasannya sama dengan UN yang digelar beberapa bulan lalu.

Katanya SMK tidak ada ujian UNPK atau paket C bagi siswa yang tidak lulus?

Ada, SMK ada ujian UNPK-nya atau peket C dan bagi yang tidak lulus UN. Cuma saja caranya yang berbeda.

Bagaimana caranya?

Siswa SMK yang tidak lulus UN harus masuk SMA dulu untuk bisa mengikuti ujian UNPK/paket C. Ia harus memilih mau masuk SMA jurusan IPA atau IPS. Sedangkan, untuk SMK sendiri tidak ada. Saat ujian paket C berlangsung, soal yang diujikan juga soal SMA masing-masing jurusan tidak soal SMK. Pengurusan pemindahan dari SMK ke SMA tersebut bisa dilakukan dengan berurusan dengan pihak sekolah

Bagaimana dengan ijazah yang diperolah nanti bagi siswa  yang lulus UN paket C?

Ijazah yang diterima jelas ijazah SMA, pasalnya saat ikut ujian mereka tidak lagi terdaftar sebagai pelajar SMK tapi pelajar SMA.

Bagaimana pula dengan program keahlian yang ditekuni di SMK?

Tidak diakui di ijazah paket C SMA. Isi nilai ijaahnya tadi sesuai dengan isi ijazah yang ada di SMA, tak ada diterakan khusus disana nilai program keahlian yang mereka tekuni. Makanya, jika ingin diakui murni siswa SMK, harus ikut UN tahun depan bagi yang belum lulus. Mudah-mudahan tahun depan lulus dengan nilai yang lebih baik dari sekarang.

Apa pesan bapak bagi pelajar yang lulus dan yang belum?

Bagi yang lulus saya mengucapakan selamat, jadikan kelulusan ini langkah awal untuk meniti masa depan yang lebih baik. Jangan lakukan aksi coret-coret baju. Pikirkan masih ada orang yang membutuhkan bantuan kita. Alangkah lebih baiknya baju sekolah yang akan dicoret itu disumbangkan kepada siswa yang belum mampu.

Bagi yang belum lulus jangan bersedih, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Ada hikmah dibalik semuanya. Mungkin sekarang kita gagal. Tapi, setelah mengulang kembali nilai yang kita perolah akan lebih bagus dari yang kita perolah sekarang. (***)

Mari Kita Majukan Pendidikan
Di Padang Kota Tercinta

 
Berita Info UN 2008 Lainnya
. Luluskah Anda? Simak Hasil UN SMP/MTs
. Ujian Paket C Dipermudah
. Mendiknas: Tingkat Kelulusan Bukan Hal yang penting
. Simak Hasil Nilai UN Di Website Ini
. Kelengkapan Administrasi Siswa Tentukan Lulus atau Tidak
. 14 dan 21 Juni 2008 Hasil Ujian Nasional Diumumkan, Simak Cara Mengaksesnya!
. Tim Detesemen Khusus 88 Antiteror Siap Amankan Ujian Nasional
. Soal UN SMP/MTs Disebar di 11 Mapolsek
. Hanya Mas Bambang yang Bisa Batalkan UN
. Ujian Nasional Tak Ada Indikasi Pembocoran Soal