Meimei Pelajar SMK yang Jago Masak

Oleh arif
Senin, 25 Pebruari 2008 13:23:08 Klik: 2310 Cetak: 737 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...
Putri Septaria Mellia
Pelajar SMKN 6 Padang

"Yang jago meramu 100 lebih masakan dari SMKN 6"

Soal masak-memasak, mungkin tak banyak pelajar yang mencintai hobi pekerjaan ibu rumah tangga ini. Tapi beda dengan Putri Septaria Mellia, cewek yang kini bersekolah di SMKN 6 Padang ini mampu meramu 100 lebih jenis masakan. Tak salah ketelantenannya menggoyang sedok di dalam kuali mengantarkannya sebagai jawara lomba Cookery pada Asean Skill Competition (ASC) 2007 sekaligus mewakili propinsi Sumatera Barat untuk berlomba pada ASC tingkat nasional.

Nah sebetulnya, apa sih yang membuat cewek yang akrap disapa Meimei ini, kepicut sama dunia masak-memasak?

"Meimei mulai mencintai dunia masak-memasak sejak kelas I SMP. Ya..., waktu itu, awalnya Meimei nginap di rumah tente, saat liburan di Parak Karakah. Trus sorenya si tante ni lagi masak. Meimei lihat, sembari nyelidikin gerak-geriknya. Wah ternyata asik sekali, si tante melakukan kegiatan itu, sambil bernyayi lagi. Eh... tak taunya dari masakan tersebut, keluar aroma yang sedap sekali. Nah, dari situ Meimei menyukai masak-memasak ini. Apalagi pas dipraktekin di rumah si mama juga dukung. Dengan pesan, rapiin dapur selesai masak," cerita cewek kelahiran Solok, 17 September 1990 ini.

Kencintaan Meimei terhadap dunia Cookery sejak SMP, menguatkan keyakinannya untuk bersekolah di SMKN 6 Padang tiga tahun silam. Kendati, mendapat tantangan dari orang tua. Namun, Meimei tetap tabah menghadapi rintangan tersebut. Dengan harapan akan ada hari yang cerah kedepannya.

"Waduh tiga tahun silam, pas masuk ke SMKN 6 butuh perjuangan dan keyakinan, masa-masa yang kritis deh saat itu, kayak perang Irak. Si papa gak mau Meimei masuk sekolah SMK, ia maunya SMA. Mama juga ikut-ikutan dukung papa. Trus setelah melihat prospek ke depan bersekolah di SMKN 6 itu bagus, Meimei beraniin masuk ke sana mengambil jurusan Resto dengan alasan hobi masak, tu doank," kenangnya.

Keteguhan Meimei terhadap keputusanya tiga tahun silam, ternyata berbuah prestasi. Anak dari pasangan Pak Ir. Irmansyah Rusli, MS dan Bu Ernialis ini tanpa diduga berhasil menorehkan seabrek prestasi.

Berawal dari lomba Asean Skill Competition (ASC) tingkat Sumbar 2007, Meimei tanpa diduga berhasil mematahkan ambisi para peserta lomba yang berasal dari pelajar SMK, mahasiswa dan umum dengan merebut juara pertama. "Alhamdulillah itu prestasi yang pertama, sekaligus menyakinkan kedua orang tua Meimei kalau keputusan Meimei sekolah di SMKN 6 Padang tak salah," bangganya.

Sukses menjadi juara ASC tingkat Sumbar, Meimei dipercaya mewakili propinsi Rang Minang ini untuk berlomba pada ASC tingkat nasional bidang Cookery. Namun saat itu, ia belum berhasil menjadi pemenang. "Biar nggak menang tapi Meimei bangga, pasalnya lomba tingkat nasional itu dikuti oleh para mahasiswa di perguruan tinggi dan umum. Meimei sendiri saat itu menjadi peserta paling kecil loh, dari SMK. Tapi saat itu Meimei hanya menjadi perlombaan yang digelar sebagai pengalaman berharga," ungkapnya saat ditemui di Halte Bis Fekon Jati.

Prestasi lain yang juga pernah diraih cewek memiliki hobi nonton film Tom and Jerry ini ialah juara I Modelling Watriess di Gedung Sasana Karya Agustus 2007, Juara II LKS kota Padang 2007. Di bidang akademis Meimei juga berhasil meduduki kursi rangking II di kelas III Resto 2.

Sementara itu Rahayu teman sekelasnya Meimei mengatakan, kalau cewek yang memiliki target ikut ASC 2009 itu merupakan tipe cewek yang bandel, suka bikin brisik di kelas tapi asyik. " Ia seorang cewek yang kharismatik dalam urusan masak-memasak. Dibalik tingkahnya yang sering usil, ternyata ia memiliki kecerdasan yang lebih, dan itulah yang dimanfaatkan kawan-kawan untuk belajar bersama Meimei. Ia mampu memecahkan kebuntuan. Misalkan, ada kendala atau lupa resep dalam memasak. Nah jika masalah ini terjadi dalam praktek,Meimei bisa menjadi tempat pelarian untuk bertanya," ungkapnya.

Wah jadi teladan nih buat temen-temen. Tapi, walau udah bisa memasak 100 jenis masak , apa Meimei masih punya kendala nih?

"Ya tentu ada, yang belum bisa Meimei lakuin secara maksimal saat ini adalah menghidangkan masakan yang sudah dimasak dengan baik. Ini buka pekerjaan yang mudah, butuh keahlian seni dan perasaan saat menghidangkan masakan di meja agar kelihat indah dan tertata rapi, Waduh..., itu belum bisa tertuntaskan secara maksimal, pasti ada saja yang kurang," aku cewek yang tinggal di Balai Baru ini.

Trus apa Meimei punya tips untuk bisa memasak yang enak dan sedap nih?

"Buat pelajar yang hobi masak, untuk bisa menghasilkan masakan yang sedap itu ialah, ketika memasak jangan terlalu tegang, enjoy aja. Anggap aja kita itu main-main. Trus, jika memasukkan bumbunya jangan terfokus pada takaran yang sudah ada tapi sekali-sekali gunakan persaan untuk memasukkan bumbu pada masakan," pesannya mengakhiri.
 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)