Prestasi SMP-SMA Adabiah Meroket

Oleh arif
Selasa, 24 Juni 2008 14:31:56 Klik: 5100 Cetak: 1108 Kirim-kirim Print version download versi msword

SMP dan SMA Adabiah kembali membuktikan diri bahwa mereka layak diperhitungkan. Betapa tidak, tingkat kelulusan ujian nasional (UN) siswa sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) itu tahun pelajaran 2007/2008 meningkat dari tahun lalu.

Untuk tingkat SMP se-Kota Padang, hasil UN SMP Adabiah masuk rangking 10 besar, padahal tahun sebelumnya hanya menduduki posisi 36 besar. Sedangkan untuk SMP swasta se-Kota Padang berada diposisi ketiga dengan nilai rata-rata 7,24.

Sementara untuk hasil UN SMA Adabiah Jurusan IPA, 121 siswa yang mengikuti ujian, lulus 100 persen. Prestasi yang diraih siswa jurusan IPA ini menempatkan SMA Adabiah berada di peringkat 5 antar SMA/MA se-Kota Padang.  Sementara untuk SMA/MA swasta se-Kota Padang, hasil ini menempatkan SMA Adabiah berada di peringkat paling atas.

Sedangkan untuk jurusan IPS, dari 199 siswa yang mengikuti ujian, hanya satu orang yang tidak lulus. Di jurusan ini, SMA Adabiah berada di peringkat 4 antar SMA/MA se-Kota Padang. Lalu untuk tingkat sekolah swasta, Adabiah kembali menempati posisi teratas.

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun, tingkat kelulusan dan peringkat SMP dan SMA Adabiah terus meningkat. Ini merupakan bukti keberhasilan dalam proses belajar-mengajar. Dalam hal ini, tentunya peran majelis guru, orang tua dan kesadaran para siswa sangat dominan,” ujar Ketua Yayasan Syarikat Oesaha Muchlis Muchtar, di ruang kerjanya, kemarin.

Kendati demikian, lanjut mantan Kepala Bappeda Sumbar itu, semua kesuksesan tersebut tidak lantas mereka larut dalam euforia berlebihan. Adabiah, lanjut Muchlis, secara terus menerus melakukan berbagai upaya peningkatan, baik dalam proses belajar-mengajar, maupun dalam peningkatan prestasi non akademik. Selain itu, Adabiah terus meningkatkan kualitas majelis guru, melalui pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar.

Dalam upaya peningkatan kualitas, lanjut akademisi Unand itu, Adabiah juga melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik di Kota Padang maupun di luar Provinsi Sumbar. “Bahkan dalam waktu dekat, Adabiah akan merampungkan upaya kerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan di Johor Baru, Malaysia,” urainya.

Lalu, untuk memacu kualitas pendidikan tahun pelajaran 2008/2008, Adabiah memulai langkah menjadi sekolah berstandar nasional dan internasional. Sebagai langkah awal, Adabiah akan membuka satu kelas di tiap jenjang pendidikan SMP dan SMA kelas bertaraf internasional.

“Untuk tahap awal, kami membuka satu kelas dulu, dalam perjalanannya nanti, kita upayakan semua jenjang pendidikan berstandar internasional. Sebab, inilah cita-cita kami dan bertekad memajukan pendidikan di Adabiah,” ungkap Muchlis.

Sumber: Padang Ekspres Edisi Selasa, 24 Juni 2008 (jig)

 

 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)