Beasiswa Buat Mahasiswa Berprestasi

Oleh arif
Jumat, 27 Juni 2008 13:52:45 Klik: 3496 Cetak: 647 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...
Siswa miskin di Sumbar banyak yang lulus perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Akan tetapi, mereka tidak bisa masuk PTN tersebut, karena tidak ada biaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi akan menindaklanjutinya. Menurut gubernur, Pemprov Sumbar sudah sejak dua tahun lalu memberikan bantuan dana bagi siswa miskin yang lulus PTN favorit. Untuk memperoleh bantuan itu, pertama-tama siswa yang lulus PTN favorit itu melapor ke pemerintah kabupaten dan kota masing-masing.

Selanjutnya, pemerintah kabupaten dan kota memberikan rekomendasi ke Pemprov Sumbar. Setelah itu, baru pemprov melakukan verifikasi dan mencairkan dananya. “Saya minta dinas pendidikan menginventarisir berapa jumlah yang lulus ke PTN favorit tahun ini. Apabila jumlahnya membeludak, kita ajukan dana tambahan ke DPRD,” tegas gubernur.

Selain mengajukan tambahan anggaran, gubernur berharap pemerintah kabupaten dan kota bisa membantu tambahan dana bagi siswa-siswa miskin berprestasi itu. Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur menyebutkan, karena anggaran terbatas, maka pihaknya akan menyeleksi lagi siswa yang lulus itu. Selain itu, dana yang dianggarkan baru bisa cair setelah siswa tersebut kuliah. ”Jadi, banyak prosedur yang harus mereka lalui. Bantuan dicairkan setelah mereka jadi mahasiswa,” kata Burhasman, tadi malam.

Soal siswa miskin yang sudah tentu tidak punya biaya untuk mendaftar ulang saat masuk PTN favorit yang jumlahnya tidak sedikit, Burhasman menyatakan, itu ditanggung masing-masing siswa tersebut dulu. “Setelah kuliah, baru kita bantu. Namanya saja bantuan mahasiswa miskin berprestasi,” tukasnya.

Kasubdin STPDO Jefrinal Arifin mengatakan, tahun ini Pemprov mengalokasikan beasiswa bagi 75 mahasiswa dengan besaran Rp12 juta per orang setiap tahunnya. Jumlah ini meningkat dari tahun 2007 yang baru hanya 24 mahasiswa.

Mereka yang berhak menerima, mahasiswa miskin dan lulus di salah satu dari enam universitas ternama di Indonesia di antaranya UI, ITB, IPB, UGM, UIN dan Unand. Bantuan di transfer ke rekening masing-masing mahasiswa.


Sumber: Padang Ekspres, Edisi Jumat 27 Juni 2008.
 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)