Lakukan Pungli, 40 Kepala SMAN Dimutasi

Oleh wirnadianhar
Kamis, 24 Juli 2008 18:50:17 Klik: 1366 Cetak: 417 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

Diduga melakukan berbagai pungutan terhadap siswa, 40 Kepala SMAN di DKI Jakarta dimutasi. Umumnya mereka dipindah ke sekolah dengan standar terendah.

H. Margani Mustar, Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) DKI Jakarta, Rabu (23/7) mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan membenahi dunia pendidikan. Salah satu yang dimutasi adalah Iman, Kepala Sekolah SMAN 80 Sunter Jakarta Utara, karena terbukti memunggut uang pendaftaran ulang siswa.

Pihak dikmenti telah melarang seluruh kepala sekolah melakukan pungutan dalam bentuk apa pun terhadap siswa. “Orangtua siswa silakan ajukan pengaduan ke kami bila merasa dipungli pihak sekolah. Pasti kami tindaklanjuti,” jelasnya.

BENTUK TIM
Terkait adanya praktek penjualan buku oleh oknum guru kepada siswa, Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) DKI Jakarta membentuk tim khusus. Langkah ini untuk menelusuri praktik penjualan buku, karena banyak laporan yang masuk ke unit tersebut.

Dari 18 pengaduan, tercatat adalah kasus di SDN Percontohan IKIP Rawamangun, Jakarta Timur. Sedangkan pengaduan yang terakhir di SDN 04 Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Saefullah, Wakil Kepala Dikdas Jakarta, mengatakan tim tersebut tengah menelusuri adanya laporan warga tersebut. Bila nantinya terbukti akan diberikan sanksi tegas. “Prinsip kami menerapkan azas praduga tak bersalah, sehingga segala pengaduan diselidiki dulu sejauh mana kebenarannya."

H. Achmad Husin Alaydrus, Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta, mendesak agar tim tidak menunda pengusutan. “Bila memang ada pelanggaran jangan sampai didiamkan. Copot saja kepala sekolah yang membandel,” tandasnya. (john/st/B)

Sumber : Harian Pos Kota, Kamis/24 Juli 2008

 
 
 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)