SMKN 7 Padang, Diundang Menari di Istana Negara

Oleh arif
Sabtu, 29 Maret 2008 15:30:58 Klik: 3141 Cetak: 630 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...
Gelora semangat keluarga besar SMKN 7 Padang untuk membuktikan eksistensinya sebagai sekolah SMK bidang Seni Pertunjukan satu-satunya di pulau Sumatera tak akan padam. Setelah sukses menyelamatkan wajah Sumatera Barat pada Lomba Gelar Prestasi Bela Negara (GPBN) 2007 di kota Malang (sebuah kejuaraan nasional untuk SMK Seni dan Budaya di Indonesia setara dengan LKS dan olimpiade jika di SMA) dengan meraih dua juara nasional masing-masing untuk juara Seni Tari dan Seni Karawitan, serta membuktikan ketajamannya dalam berolah tari dengan didaulat menjadi The Winner Lomba Tari Kreasi tingkat propinsi di Payakumbuh.

Kini, SMK yang terletak di kelurahan Cengkeh Lubuk Begalung itu, kembali ujuk kebolehan dan ketelatenan dalam Performance Art. Kali ini bukan di tingkat kota ataupun propinsi lagi, tapi sudah melangkah ke tingkat nasional. Rabu, 2 April Besok, SMKN 7 Padang bakal menujukkan kebolehan mereka sebagai sekolah yang memiliki jurusan Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Musik dan Tata Rias Kecantikan kepada presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.

Sebuah acara bernama "Parade Senja" dipersiapkan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Grup C, untuk dipersembahkan kepada presiden, jajaran menteri Indonesia Bersatu dan undangan dalam sebuah upacara di Istana Negara. "Kami mohon do'a restu kepada masyarakat Sumbar dan kota Padang khususnya, untuk mendo'akan supaya SMK 7 sukses tampil di Istana Negara bersama Paspampres Grup C. Kepastian tampil bersama pasuk elit tersebut, dibuktikan dengan pengiriman Fax dari Paspampres yang meminta kita untuk mengirimkan 15 orang siswa yang sangat telaten di bidang tari untuk bisa berkolabaroasi dengan mereka di Istana Negara dalam sebuah acara Parade Senaja" di Istana Negara," terang Monalisa, S.Pd Kepsek SMKN 7 Padang.

SMKN 7 hanya mengirimkan personal yang terstruktur dalam sebuah tim tari yang solid dan betul-betul terseleksi dari siswa-siswa yang memiliki basic tari paling baik di sekolah. Lajut Bu Monalisa menjelaskan, untuk pakaian, penginapan dan transportasi ke Istana Negara ditanggung Paspampres. "Jadi kita hanya penari saja kesana yang dikirim untuk kelengkapan penampilan dan persiapan ditanggung Paspampres. Sampai saat ini 15 Siswa dan 3 orang guru pendamping sudah menjalani latihan di Bogor. Dalam Parade Senja itu, kalau tidak salah ada dua lembaga yang diminta untuk berkolaborasi bersama pasukan Paspampres, satu SMK 7 dan satunya lagi sebuah sanggar tari di Bogor jadi latihanya diputuskan Bogor," tukas Kepsek yang sukses menghelat Padang Idola II di sekolahnya tersebut.

Rombongan SMKN 7 Padang yang akan unjuk gigi di Istana Negara ialah Desnawati, Cintya Dewi, Fadhilla Saktia, Intan Pratiwi, Raysa, Nela Majesti, Nadya JS, Dia Permata S, Elsa Febrina, Sri Alia N, Preti, Lidya Febriani, Wiki Gusti, Silvia Anat, Anindya Adisti. Didamping oleh tiga guru pembimbing yaitu Lidarwati, Joni M, Desnawati serta Kepsek SMKN 7 Bu Moanlisa, S.Pd.

Kenapa bisa tampil di Istana Negara?
Kepsek SMKN 7 Bu Monalisa belum bisa memastikan jawabanya. Namun yang jelas sekolah yang memiliki Auditorium tersebut, tidak pernah meminta kepada pemerintah untuk tampil di Istana Negara. "Kita tak pernah sama sekali meminta kepada pemerintah dalam hal ini Paspampres untuk tampil bareng mereka. Cuma saja mereka yang meminta kita untuk mempersiapkan siswa untuk berkolaborasi dengan mereka. Fax yang mereka kirim disahkan oleh tanda tangan Pjs. Paslop Paspampres Pak Crisbianto Arimurti. Artinya kesempatan ini tidak akan kita lewatkan. Kapan lagi SMKI (nama lain SMK 7) bisa tampil di Istana Negara, jarangkan sekolah SMK dipanggil khusus ke rumah dinas Presiden tersebut, " bangganya sembari tersenyum.

Hingga saat ini putra-putri terbaik sekolah vocational tersebut masih menjalankan serangkai persiapan di Bogor. Direncanakan Minggu ini hingga Selasa besok mereka akan melakukan gladi bersih di rumput hijau Istana Negara untuk mematangkan persiapan menuju penampilan spektakuler Parade Senja,Rabu nusa. (***)
 
Berita Berita Populer Lainnya
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses Angkatan I
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP untuk SD Angkatan V
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP Angkatan III dan IV