Duta LKS SMK Tingkat Nasional Diseleksi

Oleh arif
Senin, 28 April 2008 14:15:33 Klik: 3808 Cetak: 565 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...
LKS, Promosi Kompetensi Siswa kepada DUDI

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) sebagai lembaga formal yang mendidik siswanya untuk mampu menjadi seorang tenaga kerja yang handal, cerdas, kompetitif dan mampu bersaing, dibutuhkan pemantapan ilmu dan skill yang betul-betul teruji. Nah, untuk mengukur kemampuan yang sudah dipelajar di sekolah vocational tersebut, pemerintah menggelar sebuah ivent pertandingan yang diperuntukkan khusus buat pelajar SMK. Ivent tersebut bernama Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ).

"Melalui Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) SMK yang diselenggarakan tahun ini, tidak hanya berfungsi sebagai wahana ajang promosi siswa SMK melainkan juga sebagai arena unjuk kemampuan penguasaan Iptek generasi muda. Adanya keterlibatan pihak pengguna tamatan SMK dalam menyusun materi soal dan juri lomba menjadikan kegiatan ini sebagai pembuktian kesesuaian standar kompetensi yang dimiliki siswa SMK dengan kualifikasi dunia kerja," ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur saat membuka LKS SMK tingkat propinsi Sumatera Barat di aula Disdik Sumbar, Minggu (27/4/2008).

LKS saat ini adalah penyeleksian siswa-siswa terbaik yang para pemenangnya nanti akan menjadi duta Sumbar untuk wakili dipentas nasional. Penyelenggaraan LKS, dimulai dari lomba tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat propinsi, hingga tingkat nasional. Jika menang ditingkat nasional, pelajar berprestasi tersebut juga akan menjadi wakil Indonesia menuju Asean World Competition (AWC). "Melalui LKS ini diharapkan terjadi suatu kompetisi positif antara peserta sebagai salah satu usaha dalam menuju standarisasi kompetensi tamatan yang bermuara pada kualifikasi industri (industry driven), dan memacu SMK untuk lebih meningkatkan kualifikasi kegiatan belajar mengajar," ulasnya.

LKS tingkat propinsi tahun ini diikuti 135 peserta lomba yang bersaing di 22 bidang keahlian, diantaranya bisnis manajemen, bahasa, pariwisata, elektronika dan otomotif. Pemenang masing-masing bidang keahlian nantinya akan dikirim ke Jakarta, 23-29 Juni mendatang untuk mengikuti LKS SMK tingkat nasional.


Ajang Bergensi Anak SMK

LKS SMK juga merupakan ajang lomba yang sangat bergengsi di kalangan SMK. Jika di SMA pertandingan ini sama dengan olimpiade. Jadi yang ikut betutl-betul orang terbaik dari yang terbaik di sekolah. Melalui LKS inilah, SMK menunjukkan kemampuan dan penguasaan para siswanya atas kompetensi pada masing-masing Program Keahlian yang dipelajari.

“LKS ini juga merupakan ajang promosi kompetensi siswa SMK kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), sehingga DUDI lebih memahami dan mengenal kompetensi lulusan SMK, dengan harapan pada saat membutuhkan tenaga kerja/karyawan, DUDI akan mudah memilih sesuai dengan kompetensi kebutuhan tenaga kerja yang diinginkan,” ungkapnya.

Lain dari itu, jelas Burhaman, LKS akan dapat memberikan dorongan dan kesempatan bagi siswa untuk berkompetisi positif dan konstruktif, baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional sehingga dapat menumbuhkembangkan kebanggaan profesi di sekolah. "Juga memacu siswa SMK lebih bersikap kompetitif, positif, jujur, dan percaya diri," tutupnya.


Sumber: Diolah dari Padang Ekspres/ Senin, 28 April 2008/(san)
 
Berita Berita Populer Lainnya
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses Angkatan I
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP untuk SD Angkatan V
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP Angkatan III dan IV