Kuota SPMB di Sumbar 2.600 Orang, Ujian Seleksi 2-3 Juli 2008

Oleh arif
Rabu, 28 Mei 2008 15:36:09 Klik: 2194 Cetak: 680 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

Sumatera Barat (Sumbar) mendapat kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 2.600 orang, sedangkan penyelenggaraan seleksi ujian dilaksanakan oleh Univeristas Andalas bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Bung Hatta (UBH) dan sejumlah sekolah-sekolah pada 2-3 Juli 2008.

Rektor Unand Prof Musliar Kasim, di Padang, Selasa, mengatakan, penyelenggaraan SPMB sama dengan tahun-tahun sebelumnya dan tidak ada persiapan khusus.  "Tahun 2007 kita telah menjual formulir SPMB sebanyak 24 ribu, tahun 2008 akan ditingkatkan menjadi 26 ribu formulir terkait bertambahnya lulusan SLTA, dari berbagai kota dan provinsi," katanya.

Khusus untuk Fakultas Hubungan Internasional, sudah dimasukkan dalam SPMB 2008 dengan quota sebanyak 50 peserta. Peserta test, katanya, tidak dibatasi asal daerahnya artinya selain asal Sumbar juga diikutkan dari luar Sumbar.

"Yang jelas, soal-soal ujian SPMB tidak dibatasi, jika peserta membludak, lembaran soal tetap ditambah," katanya, karena peserta tetap mengikuti prosedur ujian.

Ia menambahkan bersamaan dengan program penjaringan mahasiswa baru tersebut, Unand akan merekrut 800 calon mahasiswa undangan melalui program Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK).

Dalam minggu ini, katanya lagi, Unand sudah mengirimkan formulir-formulir isian PMDK ke sekolah-sekolah di Sumbar dengan target penerimaan sebanyak 70 persen dan  30 persen di luar Sumbar.

Selain itu, tambahnya, Unand  juga akan menjaring 80 calon mahasiswa baru untuk menerima beasiswa dari Eka Cipta Foundation, satu lembaga sosial anggota dari Yayasan Sinar Mas Group Jakarta.

"Beasiswa diberikan khusus untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu," katanya program tersebut dimaksudkan membantu meringankan beban keuangan bagi anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan.

Sumber: antarasumbar.com

 
Berita Berita Populer Lainnya
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses Angkatan I
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP untuk SD Angkatan V
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP Angkatan III dan IV