BSNP merilis jadwal Unas 2009

Oleh arif
Rabu, 14 Januari 2009 05:46:02 Klik: 8333 Cetak: 771 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

Pemerintah terus berusaha membenahi kualitas dan kredibilitas ujian nasional (unas) SMA. Untuk mengoptimalkan nilai siswa, tes yang menentukan kelulusan tersebut akan diperpanjang dari tiga hari menjadi lima hari. Artinya, siswa bisa mengurangi beban dengan cukup menyelesaikan satu mata pelajaran dalam satu hari ujian.

”Kebijakan itu ditempuh setelah mempertimbangkan masukan dan saran dari sekolah dan siswa. Ujian dua mata pelajaran dalam satu hari dianggap terlalu berat dan padat,’’ terang Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Mungin Eddy Wibowo di Kantor Depdiknas, Jalan Sudirman, Jakarta, kemarin.

Kemarin BSNP juga merilis jadwal Unas 2009. Unas tingkat SMA atau sederajat akan berlangsung 20-24 April 2009, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan 27 April hingga 1 Mei 2009. Bagi siswa SMP, unas direncanakan berlangsung 27-30 April 2009 dengan ujian susulan 4-7 Mei 2009.  Unas SMA luar biasa dan SMK akan digelar 20-22 April 2009 dengan ujian susulan 27-29 April 2009. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. “Uji kompetensi keahlian dilakukan sebelum pelaksanaan ujian nasional dan teknis pelaksanaannya akan diatur tersendiri,” jelas Mungin.

Sedangkan ujian akhir sekolah (UAS) berstandar nasional akan digelar 11-13 Mei 2009. Sementara ujian susulan akan dilaksanakan 18-22 Mei 2009. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bagi SMA dan sederajat, pelajaran yang diujikan untuk Program IPA adalah Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia. Sedangkan bagi Program IPS adalah Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, dan Ekonomi.

Bagi Program Bahasa, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Sejarah/Budaya/Antropologi, Bahasa Inggris, Matematika, Sastra Indonesia, dan Bahasa Asing. Sedangkan Program Keagamaan, yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Hadits, dan Ilmu Tafsir. Untuk merealisasikan agenda tersebut, Depdiknas telah menyiapkan dana Rp572 miliar.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional Burhanuddin Tolla mengatakan, dana itu akan digunakan untuk segala kebutuhan yang menyangkut pelaksanaan ujian nasional, dari pencetakan soal sampai pengumuman kelulusan. Tolla menjelaskan, bukan hanya unas formal yang dibiayai, melainkan juga unas kesetaraan. Perinciannya, katanya, Rp56 miliar untuk UAS berstandar nasional, Rp200 miliar untuk unas SMP sederajat, dan Rp 120 miliar untuk unas SMA sederajat. ”Sisanya untuk ujian nasional pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C,”  paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Mungin juga memastikan bahwa nilai  unas bisa dipakai sebagai standar bagi perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menerima siswa SMA dengan melihat kemampuan akademiknya. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 19 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 68. Untuk menyamakan persepsi itu, mulai tahun ini PTN akan terlibat secara teknis dalam pelaksanaan unas SMA. Tujuannya, melakukan seleksi sekaligus penerimaan mahasiswa baru.

Sumber: Padang Ekspres/(zul/nw/jpnn)
 Selasa, 13 Januari 2009

 


 
Berita Info UN 2009 Lainnya
. Pengumuman UN SLTA Padang Lewat SMS Senin Pukul 01.00 WIB
. UN SMA Kota Padang Diumumkan Senin Besok (lihat cara mengakses)
. DEPDIKNAS: UN SMP dan SMA April, UASBN SD Mei 2009
. Disiapkan 10 Paket Soal UN SMP/SMA
. Hasil UN Tentukan untuk Masuk PTN
. Perguruan Tinggi Penanggungjawab UN 2009
. Terbaru: Jadwal Ujian Nasional dan POS Pelaksanaan UN Tahun 2009
. Siswa Harap-Harap Cemas
. Sekolah Pasang Strategi
. Jelang Ujian Nasional 2009, semua persiapan dimatangkan