Ujian Nasional Tak Ada Indikasi Pembocoran Soal


Selasa, 29 April 2008 16:38:51
UN tingkat SLTA yang diadakan pada tanggal 22-14 April lalu, tidak mengalami kendala secara substansi. Adapun permasalahan-permasalahan kecil hanya berupa miskonsepsi saja. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur selepas rapat evaluasi UN, di Dinas Pendidikan Sumbar, Senin (28/4). Dalam rapat yang dihadiri, Koordinator Tim Pemantau Independen (TPI), Kakanwil Depag, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota, serta dari pihak percetakan Grafika, menurut Burhasman, seluruh perwakilan memberikan laporan sesuai kapasitasnya terkait pelaksanaan UN. (2762 klik)

Pengumuman Lulus Ujian Nasional


Sabtu, 26 April 2008 11:10:33
Sementara untuk pengumuman lulus dan tidak lulus siswa dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang M. Nur Amin belum bisa memastikan. Hari dan tanggal pengumuman secara serentak seluruh Indonesia.  (10214 klik)

Senin, Ujian Nasional (UN) Susulan Digelar, Pengawasan Sama


Sabtu, 26 April 2008 11:03:40
Nur Amin juga mengungkapkan sebanyak 92 siswa SMK di Kota Padang gagal UN tahun ini. Pasalnya, mereka yang dinyatakan gagal tersebut tidak mengikuti UN yang diadakan beberapa hari lalu. Mereka yang gagal UN tahun ini ialah siswa yang tidak lulus tahun lalu. Dan kembali mengulang mengikuti UN tahun ini, tapi ternyata pada hari “H” mereka tak hadir tanpa alasan. “Mereka dinyatakan gagal UN. Akibat tindakan siswa yang telah mendaftar tetapi tidak ikut UN, berpotensi akan menurunkan tingkat kelulusan siswa di Kota Padang, karena rata-ratanya di bagi sebanyak peserta,” ungkap Nur Amin.  (2361 klik)

Tim Pengawas Independen, senang dengan UN SMA/SMK/MA Sekarang


Jumat, 25 April 2008 17:35:22
Junaidi, “Saya bangga dan salut melihat para siswa yang tertib dalam UN tahun ini, setidaknya tak ada siswa yang membawa jimat. Untuk tahun ini nilai keamanan UN 100,” jawap Junaidi, TPI (Tim Pengawas Indenpenden), dengan wajah yang berbinar. Rupanya Dinas Pendidikan Kota Padang belajar penuh atas UN tahun kemaren yang identik dengan kecurangan-kecurangan yang buntutnya mencoreng wajah dunia pendidikan Kota Bengkuang. Terbukti untuk ujian Nasional tahun ini secara keseluruhan berjalan aman dan tertib dan tanpa kekurangan yang berarti, itupun kalau ada hanyalah “kecurangan Alami” yang tak terlalu menonjol dilakukan. (1783 klik)

Secara Umum UN Sesuai Standar Operasional


Jumat, 25 April 2008 17:15:53
Untuk target UN Sumbar tahun ini, Burhasman Bur, tidak mau muluk-muluk. Paling kurang adanya kenaikan pasing grade dari pada tahun lalu. “Kalau tahun lalu untuk SMA, Sumbar berada pada peringkat 9, maka tahun ini minimal peringkat 9 itu mampu kita raih. Sedangkan tingkat SMP, kalau pada tahun sebelumnya kita berada pada peringkat 7, maka tahun ini kita berharap paling kurang berada pada posisi 7 juga. Karena target utama kita adalah melaksanakan UN secara bersih, objektif, akuntabel, serta sesuai dengan standar operasional,” ungkap Burhasman. Menurut Burhasman, bertambahnya mata pelajaran yang di-UN-kan pada tahun ini, sedikit banyak berpengaruh terhadap prediksi hasil ujian nantinya.  (1937 klik)

Selama Ujian Nasional (UN) Tak Ada Pemadaman Listrik


Kamis, 24 April 2008 13:44:15
Artinya, tidak akan ada pemadaman listrik selama berlangsungnya Ujian Nasional (UN) 2008, “Curah hujan juga membantu kondisi elevasi air danau tetap normal di atas batas operasional PLTA. Masyarakat tidak perlu khawatir terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan UN berlangsung. Insya Allah tidak akan ada pemadaman listrik,” kata Manager Bidang Operasi Sistem PLN P3B Sumatera, Sudibyo.  (1511 klik)

Hanya Siswa yang bisa Bikin Kunci Jawaban Bocor

Senin, 21 April 2008 17:06:41
Kendati masih banyak siswa yang berharap akan kunci jawaban, yang bergentayangan namun hendaknya itu tidak menjadi buruan bagi pelajar. Pasalnya, kunci jawaban itu dinyatakan bocor jika, siswa berhasil menjawab soal yang diujikan pas waktu ujian, itu baru kunci jawaban disebut bocor. Atau soal dinyatakan bocor, ketika soal ujian yang akan diujikan sudah sampai ke tangan siswa, pas waktu ujian pukul 08.00 WIB hari ini baru soal dinyatakan bocor, itupun untuk mata pelajaran yang diujikan. Jadi jangan pelajar jangan stres menghapi UN, atau “kalimpasiangan”, mencari kunci jawaban. Yang bisa membuat pelajar sukses UN itu dirinya sendiri, bukan kunci jawaban yang dicari, hingga begadang di hadapan internet. Ingat yang, bisa mewujudkan kunci jawaban itu ada adalah pelajar itu sendiri, ketika ia membahas soal ujian tersebut. (2156 klik)

Naskah Soal UN Diserahkan Senin, 21 April 2008

Jumat, 18 April 2008 16:00:34
Distribusi naskah soal UN untuk kabupaten dan kota dilakukan tepisah. Naskah UN untuk kabupaten diserahkan tanggal 20 April (Minggu), sedangkan naskah UN untuk kota, didistribusikan tanggal 21 April (Senin). Selanjutnya, naskah ujian yang telah diberikan kepada Disdik kabupaten/kota tadi, diserahkan langsung kepada kepala sekolah, disaksikan pengawas dari provinsi. Kemudian kepala sekolah membawa soal ke Polsek atau Polpos terdekat, untuk disimpan. Pas hari pelaksanaan UN, Kepsek bersama Tim Pengawas Independen (TPI) kabupaten/kota kembali mengambil soal yang disimpan tadi, sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan. Barulah dibawa ke sekolah dan didistribusikan ke ruang ujian yang ada, untuk diujikan kepada siswa. (1795 klik)

Hadapi UN, WC Sekolah Harus ”Bersih”

Selasa, 15 April 2008 16:36:53
Untuk mengatasi kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA, 22-24 April mendatang, sebelum pelaksanaan UN seluruh WC di lingkungan SLTA di Kota Padang harus telah dicat ulang. Di dinding WC tersebut, tidak boleh ada satu pun coretan pun. Hal ini dikarenakan WC, salah satu tempat yang dicurigai selama ini tempat meletakkan kunci jawaban soal UN. “Semua sekolah di Kota Padang harus telah mengecat WC-nya sebelum UN digelar. Sebab, tahun-tahun sebelumnya, WC dianggap menjadi salah satu ruangan di sekolah yang dimanfaatkan untuk berbuat kecurangan. Seperti yang masih kita ingat, pada UN tahun lalu ada dugaan kunci jawaban ditulis di WC. Setelah pelaksanaan UN berakhir nantinya, WC ini akan ditinjau kembali,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang M Nur Amin. (1979 klik)

Tidak Lulus UN, Siswa Bisa Tempuh UN Kesetaraan

Sabtu, 12 April 2008 14:50:12
Siswa tidak lulus Ujian Nasional (UN), tetap akan diberikan kesempatan untuk mengikuti UN Pendidikan Kesetaraan. UN Pendidikan Kesetaraan itu meliputi Paket A (untuk SD dan sederajat), Paket B (SMP dan sederajat) dan Paket C (SMA dan sederajat). Jika masih saja tidak lulus, para siswa bisa mengulang UN di sekolahnya pada tahun yang akan datang, ujar Kepala Pusat Penelitian dan Pendidikan (Puspendik)Burhanuddin Tolla. Mengenai jadwalnya, Burhanuddin masih belum bisa membeberkan, kapan akan dilaksanakan. Namun, dari sisi pelaksanaan, tetap nantinya UN Pendidikan Kesetaraan akan dibagi menjadi dua tahap, yang keduanya dapat diikuti siswa yang tidak lulus UN. (1648 klik)
 Sebelumnya    Selanjutnya