SMPN 8 Padang Adakan TOEFL untuk Siswa

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh efim
Kamis, 07 Mei 2009 12:49:06 Klik: 4285

SMPN 8 Padang gelar Test of English as a Foreign Language (Toefl) untuk siswa, guru dan pegawai. Kegiatan ini sebagai inovasi dan kreativitas positif bagi lembaga pendidikan yang tengah menuju Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

SMPN 8 Padang telah memasuki tahun ketiga sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pertama di Sumatera Barat. Demi mengejar tarap SBI, terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga menjadi insan cerdas yang kompetitif di era global serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Tahun Pelajaran 2008/2009 SMPN 8 Padang kembali menyiapkan siswanya agar memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang berlevel Internasional. Sejak tanggal 4-6 Mei 2009 sebanyak 150 orang siswa kelas IX yang akan menamatkan studinya pada tahun ini mengikuti TES TOEFL yang bekerja sama dengan Balai Bahasa Universitas Negeri Padang,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 8 Padang, Ernawati Syafar, S.Pd di ruang kerjanya, tadi siang(6/5).

Para siswa yang mengikuti tes ini akan mendapatkan sertifikat TOEFL dari lembaga penyelenggara.

“Kita selalu punya komitmen yang tinggi untuk membekali para siswa pada level Internasional dengan menggunakan bahasa pengantar dan bahan ajar dalam Bahasa Inggris,” papar Ernawati Syafar.

Lebih lanjut dikatakan, hasil tes ini dijadikan sebagai alat evaluasi kemampuan berbahasa Inggris siswa bagi para guru Bahasa Inggris dan guru mata pelajaran lainnya termasuk staf administrasi.

“Kita berupaya meningkatkan minat dan bakat para siswa berbahasa inggris seperti mengadakan English Conversation Class para sore hari juga berlangsung English Speaking Area dan English of Pay. Kita juga mengadakan kegiatan ekstra kurikuler seperti Debat Bahasa Inggris, Drama telling Story Speech yang langsung dibina oleh para guru Bahasa Inggris dan native speaker,” tambah wanita berjilbab ini.

Hal ini terbukti salah seorang siswa berprestasi tingkat Sumatera Barat pada lomba Story Telling di Padang Panjang mampu menampilkan drama berbahasa Inggris dengan baik pada kegiatan studi banding ke Singapure dan Malaysia beberapa hari yang lalu

“Kita juga merencanakan mendatangkan native speaker untuk membina siswa berbahasa Inggris yang bekerja sama dengan AISEC Unand,” tambahnya.

Tahun Pelajaran 2009-2010. SMPN 8 Padang menerima siswa kelas VII yang kesemuanya kelas RSBI. Untuk lolos di kelas RSBI Calon Siswa harus bersaing secara ketat dengan 4 tahap penyeleksian. Mulai dari seleksi administrasi, akademis, psikotest, tes lisan (wawancara) dan praktek komputer serta baca Al Qur’an.

”Diharapakan siswa yang lolos seleksi benar-benar mampu mengikuti proses belajar mengajar di SMPN 8 Padang nantinya,” ucapnya.

Di sisi lain, Desniza Osra M.Pd salah seorang guru Bahasa Inggris menambahkan, Tes TOEFL ini diakui sulit bagi para siswa.

“Tetapi langkah ini harus kita laksanakan untuk menjadikan siswa memiliki kemampuan listening, structure, reading, vocebulary serta Bahasa Inggris ilmiah,” jelas Desniza, didampingi Humas SMPN 8 Padang, Drs Amridas [Padang Today]

 

 
Berita Berita Terkini Lainnya