1.700 Siswa Ikuti LKS SMK

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh efim
Kamis, 21 Mei 2009 14:39:31 Klik: 3397

JAKARTA - Sebanyak 1.700 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dari 33 provinsi dipastikan siap berlaga di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2009 di Arena Pekan Raya Jakarta, 22–24 Mei mendatang.

Sedikitnya 50 jenis lomba yang terbagi dalam kelompok teknologi, pariwisata, pertanian, dan kelompok kriya akan dipertandingkan. Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Mandikdasmen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Suyanto mengatakan,LKS SMK dimaksudkan sebagai upaya memacu dan memotivasi kreativitas siswa SMK pada tiap bidang keterampilan.

“Dengan berkompetisi, siswa jadi terpacu untuk terus meningkatkan kualitas keahliannya seperti yang diajarkan di sekolah,” ujarnya saat jumpa pers LKS SMK di Gedung Depdiknas,Jakarta,kemarin. LKS SMK di Gedung A PRJ juga jadi ajang pameran berbagai hasil karya siswa SMK seperti berbagai mesin berat, otomotif, perangkat komputer,industri jasa pariwisata, dan berbagai seni hiburan.

Sementara itu,Presiden Direktur PT Shigata Tool, salah satu pabrik penghasil mesin computer numerical control (CNC), Sulistyo Rabono mengatakan,pihaknya senantiasa menggunakan tenagatenaga SMK untuk dipekerjakan sebagai tenaga ahli madya. “Tentunya dengan proses seleksi yang ketat serta ada masa training.

Kalau memungkinkan, para lulusan SMK terpilih itu juga bisa ikut pelatihan lebih lanjut. Supaya lebih expert,”katanya. Menurut dia, perkembangan lulusan SMK saat ini sudah jauh berbeda dengan beberapa dekade belakangan ini.

Saat ini,siswa SMK sudah sangat banyak yang mafhum pada perkembangan dunia teknologi informasi. “Itu sangat menunjang cara kerja kita yang dituntut serbacepat, tepat, dan inovatif,”tandas Sulistyo. (rendra hanggara)

 
Berita Berita Terkini Lainnya