ITS Buka PMDK Online, Segera Daftar!

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh arif
Sabtu, 23 Januari 2010 10:19:29 Klik: 3737

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka pendaftaran Program Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) melalui sistem online. Pendaftaran secara online melalui website www.its.ac.id ini juga diterapkan untuk dua progam beasiswa, yaitu Bidik Misi dan Program Kemitraan Mandiri (PKM).

Menurut Pembantu Rektor I ITS, Prof Ir Arif Djunaidy, MSc PhD, Rabu (20/1), pendaftaran PMD dan program beasiswa ITS itu dibuka hingga 2 April 2010. Kesempatan untuk mengikuti program-program tersebut, kata Arif, tidak hanya berlaku untuk keluarga yang mampu secara ekonomi, tetapi keluarga yang tidak mampu juga memiliki kesempatan yang sama.

Program PMDK ini diperuntukan bagi siswa SMA dan sederajat yang memiliki nilai rapor tinggi. Selain itu, juga ada PMDK prestasi yang diperuntukkan bagi siswa SMA dan sederajat yang menjadi juara satu sampai tiga dalam kejuaraan lomba olimpiade bidang sains teknologi, seni lukis, dan seni rupa di tingkat nasional atau internasional.

"Syarat untuk masuk PMDK dengan melampirkan nilai rapor semester satu sampai lima (kelas reguler/internasional) dan semester 1 sampai 4 (kelas akselerasi), harus mempunyai nilai rata-rata minimal 7 untuk skala 10 atau 70 untuk skala 100," papar Arif.

Sementara, PMDK prestasi dikhususkan bagi mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kemendiknas, dan institusi ataupun organisasi lain yang berkredibel dan tingkat internasional.

Selain itu, kata Arif, ITS juga menerima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). "Komposisi penerimaannya 50 dibanding 50 dengan jalur PMDK," tegasnya.

Sumber: republika.co.id

 
Berita Berita Terkini Lainnya